Festival Kris Siginjai Di Buka Pj Walikota Jambi -->

Festival Kris Siginjai Di Buka Pj Walikota Jambi

Pikiran Rakyat Jambi
Friday, August 02, 2024

Pikiranrakyatjambi.com, Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih menghadiri sekaligus membuka Festival Keris Siginjai Tahun 2024, bertempat di Lapangan Kantor Wali Kota Jambi, Jumat (02/8/24) malam. 

Dilaksanakan 1 hingga 3 Agustus 2024, Festival Keris Siginjai merupakan rangkaian Kenduri Swarnabhumi yang menghadirkan berbagai kegiatan, diantaranya adalah, Kolosal Telusur Jejak Leluhur, Fashion Show Batik Rancangan Desainer Muda Jambi, Lomba Desain Motif Batik Solok Sipin, Pameran karya Batik dan Bazaar UMKM. 

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Sri Purwaningsih mengatakan, sebagai Ibu Kota Provinsi mempunyai jumlah penduduk yang tinggi dengan sedikit destinasi wisata Pemerintah harus memanfaatkan dengan maksimal semua potensi yang ada, salah satunya keberagaman seni dan sejarah yang dapat dijadikan sebagai potensi wisata. 

"Oleh karena itu saya sangat mendukung terselenggaranya kegiatan festival dan event-event budaya dan kesenian yang diselenggarakan oleh pemerintah Kota Jambi yang berkolaborasi dengan berbagai pihak," kata Sri. 

"Penyelenggaraan Festival Keris Siginjai ini adalah wujud kongkret dari kolaborasi antara pemerintah dan komunitas seni dan komunitas ekonomi kreatif lainnya  yang ada di Kota Jambi," lanjutnya. 

Dirinya menekankan, agar setiap penyelenggaraan event-event seni harus menunjukkan kolaborasi yang kuat antara pemerintah dan pelaku seni, agar pelaksanaannya itu dapat berkesinambungan.

"Sesuai dengan fungsinya pemerintah sebagai fasilitator, maka festival Keris Siginjai ini merupakan salah satu bentuk fasilitasi Pemerintah Daerah atas pelestarian seni budaya yang ada di kota Jambi. Dan  juga merupakan wahana bagi komunitas seni untuk menampilkan karya dan kebolehannya," sebut Sri. 

Tidak hanya sebatas gelaran event semata, Sri mengungkapkan, bahwa Festival Keris Siginjai dalam rangkaian Kenduri Swarnabhumi ini juga menggerakan para pelaku ekonomi kreatif di kota Jambi, dengan partisipasinya dalam bazaar dan pameran hasil lomba motif candi Solok Sipin. 


Lebih lanjut, Sri juga mengajak untuk bersama mensukseskan festival ini sehingga budaya dan seni yang ada di kota Jambi tetap lestari dan dapat dinikmati hingga generasi kedepan.

"Ini semua merupakan dalam upaya Pemkot Jambi membuka alternatif-altenatif wisata di Kota Jambi, khususnya dalam bidang kesenian, yang juga satu kesatuan dalam mendongkrak perekonomian."

"Apresiasi yang tinggi saya sampaikan kepada semua pihak yang telah menyukseskan terselenggaranya Festival Keris Siginjai dalam rangkaian Kenduri Swarnabhumi Tahun 2024 ini dengan baik, kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jambi dan semua perangkat daerah dan komunitas yang terlibat didalam terlaksananya kegiatan," tukas Sri. 

Sementara itu, dalam laporannya, Direktur Festival Siginjai, Hendri Nursal menyampaikan apresiasi kepada Pemkot Jambi yang telah berkontribusi besar dalam terselenggaranya kegiatan Kenduri Swarnabhumi di Tahun ini. 

"Sebagai leading sektor di Pemkot Jambi, saya ucapkan terimakasih untuk Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jambi. Tentunya juga atas peranan Ibu Pj Wali Kota yang sangat bersemangat dalam mendukung  kegiatan ini," kata Nursal. 

Dirinya juga menyampaikan, rangkaian Kenduri Swarnabhumi pada tahun ini sangat disambut antusias oleh para peserta yang sebagian besar di isi oleh anak-anak, dimulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA di Kota Jambi. 

"Luar biasa sambutan dari adik-adik kita sebagai pesertanya. Ini sesuatu kebanggaan dan kebahagiaan bagi kami tentunya yang telah diberi kesempatan untuk menyelenggarakannya."

"Adapaun tujuannya untuk memberi pesan kepada kita semua bagaimana mencintai nilai-nilai yang ada, nilai sejarah, seni dan budaya, bahkan cara mencintai lingkungan yang perlu kita jaga untuk anak dan cucu kita  dimasa depan," jelas Direktur Festival Keris Siginjai. 

Pada kesempatan ini, Pj Wali Kota Jambi juga turut menyaksikan penampilan serta memberikan hadiah bagi pemenang di partai final kategori fashion show daur ulang dan fashion show batik kreasi yang diikuti para siswa/i tingkat SD, SMP dan SMA dalam rangkaian Kenduri Swarnabhumi Kota Jambi Tahun 2024. 

Turut hadir pada pembukaan Festival Keris Siginjai tersebut, Forkopimda Lingkup Kota Jambi, Ketua Tim Kerja Festival Direktorat Perfilman dan Media Kementerian Pendidikan Kebudayaan  dan Tekhnologi RI, Deputi Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Jambi, Kepala Balai Pelestarian Wilayah V, Staf Ahli dan Asisten Setda Kota Jambi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jambi, Kepala Opd lingkup Kota Jambi, Camat dan Lurah kota Jambi. (MT)