Pj walikota Sidak Ketersediaan Stok Dan Pengendalian Harga D Kota Jambi -->

Pj walikota Sidak Ketersediaan Stok Dan Pengendalian Harga D Kota Jambi

Pikiran Rakyat Jambi
Wednesday, June 12, 2024

Pikiranrakyatjambi.com,, 

Dalam rangka memastikan ketersediaan stok pangan dan pengendalian harga inflasi di Kota Jambi , Penjabat (Pj) Walikota Jambi, Sri Purwaningsih, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa lokasi penting di kota Jambi. 

Kunjungan ini mencakup Pasar Kasang, super market, serta  gudang beras dan minyak di Kota Jambi dan dilanjutkan dengan mengunjungi peternakan hewan kurban. 
Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan gerakan pasar murah  sebelumnya  yang bertujuan untuk memastikan ketersediaan dan keterjangkauan stok pangan di kota Jambi.
 "Kemarin kita sudah melakukan Gerakan Pasar Murah (GPM) dan meluncurkan laboratorium mobile untuk pemeriksaan pangan dan hewan," ujar Sri Purwaningsih. 

Dari hasil sidak yang dilakukan, Sri menyebutkan bahwasanya harga dan ketersedian bahan pokok di Kota Jambi, terkendali dan aman, ia menyebutkan kenaikan harga hanya terjadi pada komoditas cabai merah keriting.

"Yang mengalami kenaikan harga hanya cabai merah keriting, dan untuk ini nanti harus ada upaya khusus untuk bagaimana mengendalikan harga cabai merah ini," jelas Sri Purwaningsih.
 Lebih lanjut Sri menyebutkan penyebab kenaikan harga cabai merah adalah karena suplai yang lambat dan permintaan yang tinggi,  harga cabai merah kualitas bagus mencapai Rp 60 ribu per kilogram, sedangkan yang kualitas biasa masih berada di angka Rp 50 ribu per kilogram.

"Masyarakat kota Jambi memang benar-benar memperhatikan kualitas barangnya, itu penyebabnya," ujarnya.
Dengan adanya sidak ini, diharapkan harga pangan di kota Jambi tetap terkendali dan stok pangan selalu tersedia, terutama menjelang perayaan hari besar seperti Idul Adha.
PJj Walikota Jambi berkomitmen untuk terus memantau dan memastikan stabilitas harga serta ketersediaan pangan demi kesejahteraan masyarakat.